Minggu, 11 Mei 2014

Penerapan E-Business pada PT Inixindo Persada Rekayasa Komputer

PT. INIXINDO PERSADA REKAYASA KOMPUTER


PT.INIXINDO Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi yang mengkhususkan pada bidang pelatihan.

1. Latar Belakang Perusahaan Menerapkan E-BUSINESSLatar belakangnya perusaan menerapkan e-bisnis yaitu :-Bertujuan untuk Green ICT yakni mendukung penghijauan dalam bidang teknologi informasi-Peningkatan kualitas pelayanan kepada klien-Efisiensi biaya-Penerapan DSS (Decision Support System) oleh pihak manajemen-Meningkatkan profit perusahaan 

2. keuntungan yang ditawarkan oleh e-business Menurut Charles R. Riegerdan Marry P. Donato-Efficiency-Effectiveness-Reach-Structure-Opportunity 

3. Faktor pendorong e-business-Customer ExpectationsYang diharapkan konsumen pada saat ini tidak cukup dipuaskan dengan baikknya kualitas sebuah produk, tetapi pelanggan juga mengharapkan adanya pelayanan pra dan pasca jual yang baik.
-Competitive ImperativesGlobalisasi telah membentuk sebuah arena persaingan dunia usaha yang sangat ketat. Pelanggan akan dengan mudah membandingkan kualitas produk dan pelayanan antar perusahaan, hal ini memaksa perusahaaan mengembangkan strategi bisnis yang tepat.-DeregulationSecara makro deregulasi yang dilakukan oleh pemerintah maupun negara-negaralain telah (lembaga lain seperti WTO, APEC, AFTA) turut mewarnai bentuk dunia usaha dimasa datang terutama dengan konsep perdagangan bebas antar negara dan industri. Internet disini dinggap sebagai sebuah arena dimana konsep kompetisi sempurna danpasar terbuka telah terjadi terutama produk-produk dan jasa-jasa yang dapat digitalisasi.
-TechnologyE-business adalah kemajuan teknologi informasi yang didominasi oleh percepatan teknologi komputer dan telekomunikasi. Fungsi dari teknologi informasi tidak hanya kritikal bagi perkembangan e-business tetapi justru menjadi penggerak dari dimungkinkannya model-model bisnis baru.

4. Aplikasi e-businessAplikasi yang di pakai oleh perusahaan PT.INIXINDO adalah CRM(Customer Relationship Management) Dengan memanfaatkan teknologi CRM, perusahaan dapat menjaga relasi dengan klien dan dapat mengelola bisnis untuk meningkatkan prospek masa depan.Penerapan CRM yang memanfaatkan perangkat lunak adalah salah satu tujuan PT. Inixindo dalam program Green ICT yakni mendukung penghijauan dalam bidang teknologi informasi dengan mengurangi penggunaan kertas.Seperti halnya penerapan aplikasi pada umumnya, penerapan CRM juga masih mempunyai kendala. Sosialisasi dari penggunaan perangkat lunak pada proses bisnis sangatlah diperlukan karena sebagian pengguna masih terbiasa dengan kebiasaan lama mereka, misalnya masih mengandalkan tulisan tangan dan penggunaan kertas. Juga familiarisasi penggunaan komputer dalam pekerjaan sehari-hari menjadi salah satu poin penting dalam kesuksesan penggunaan perangkat lunak.Dari faktor teknis juga ditemukan beberapa kendala. Kehandalan perangkat keras menjadi poin yang harus diperhatikan oleh pihak pengembang aplikasi. Mesin server yang lemah tentunya akan menghambat kinerja pengguna, dalam hal ini adalah para Account Executive (Sales) yang dapat mengakibatkan terhambatnya proses sosialisasi CRM tersebut.Sinergi dari seluruh pihak terkait sangat dibutuhkan. Kesalahan komunikasi dari pihak manajemen, pengguna dan pengembang menentukan kesuksesan dari penerapan CRM 

5. Hasil Penerapan Dari E-BusinessPenerapan e-business pada PT.INIXINDO memberikan keuntungan baik untuk pihak perusahaan maupun bagi pihak customer.

0 komentar:

Posting Komentar